Tips Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Selama Covid 19

Apa yang dimaksud pembelajaran jarak jauh?

Pembelajaran jarak jauh (juga disebut juga pendidikan jarak jauh) merupakan pelatihan yang diberikan kepada peserta atau siswa yang tidak berkumpul bersama di satu tempat secara rutin untuk menerima pelajaran secara langsung dari instruktur. Bahan-bahan dan instruksi-instruksi detail yang bersifat khusus dikirimkan atau disediakan untuk para peserta yang selanjutnya melaksanakan tugas-tugas yang akan dievaluasi oleh instruktur. Dalam kenyataannya dapat dimungkinkan instruktur dan peserta tersebut terpisah tidak hanya secara geografis namun juga waktu.

Mengapa digunakan pembelajaran jarak jauh?

Pembelajaran jarak jauh memungkinkan para peserta mengambil kelas kapanpun dan dimanapun. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyesuaikan pendidikan dan pelatihannya dengan tanggung jawab dan komitmen-komitmen lainnya, seperti keluarga dan pekerjaan. Ini juga memberi kesempatan kepada para peserta yang mungkin tidak dapat  belajar karena keterbatasan waktu, jarak atau dana untuk ikut serta. Dan juga memungkinkan subyek-subyek yang dianggap tidak begitu umum diajarkan tersedia bagi lebih banyak peserta.

Bagaimana pembelajaran jarak jauh disampaikan?

Proses pembelajaran jarak jauh dapat disampaikan dengan menggunakan berbagai teknik dan teknologi. E-learning mungkin merupakan bentuk pembelajaran jarak jauh yang paling mahal dan paling maju, namun ada cara-cara penyampaian pelatihan lainnya yang telah digunakan dengan berhasil selama bertahun-tahun. Metode penyampaian tersebut antara lain:

  • E-learning: penyampaian dengan komputer dan memanfaatkan teknologi internet serta pemrograman yang memungkinkan para peserta didik untuk berinteraksi dengan bahan-bahan pelajaran melalui chat room (ruang komunikasi), notice board (papan pengumuman), video conferencing, dll.
  • Program televisi: merupakan suatu seri program televisi yang dirancang untuk menyampaikan teknik-teknik dan teori. Metode ini dapat berupa penyiaran melalui saluran kabel atau saluran terestrial atau dengan menyediakan video tape atau DVD. Selama beberapa tahun Open University di Inggris menggunakan teknik ini.
  • Bahan-bahan tertulis: kadangkala disebut kursus melalui surat (correspondence courses), dimana bahan-bahan teks ditulis secara khusus untuk kursus dengan proses belajar jarak jauh, misalnya buku kerja (workbook) yang berisikan tugas-tugas dan latihan-latihan, dimana peserta didik dapat mengerjakannya dengan tingkat kecepatan yang ditentukannya sendiri.

Nah dengan semua yang di jelaskan diatas dengan memaksimalkan pembejaran jarak jauh perlu adanya Koneksi data yang kencang dan mumpuni dan ikut bekerjasama dengan pemerintah dalam melaksakan pembelajaran jarak jauh salah satunya adalah Smartfren.

Proggram Smartfren

Smartfren jadi salah satu provider yang memiliki komitmen mendukung program pemerintah ini. Jaringan full 4G-nya di Indonesia siap untuk mengoptimalkan program ini. Bagaimana caranya? Cukup daftarkan nomer smartfren ke admin sekolah. Namun bagi yang belum dan ingin menggunakan nomor Smartfren, bisa menghubungi pihak sekolah atau call center Smartfren di nomor 888.

Perlu diketahui bantuan kuota internet dibagi menjadi dua jenis yakni Kuota Internet All Access yang bisa digunakan mengakses semua aplikasi dan Kuota Belajar yang hanya bisa dipakai mengakses situs serta aplikasi pembelajaran yang ditetapkan pemerintah.

Lalu berapa besaran kuota per bulan yang di dapat dalam program bantuan ini? Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Siswa PAUD (TK) : 5GB kuota internet all access + 15GB kuota belajar  (Total 20GB)
  • Siswa SD-SMA/setara : 5GB kuota internet all access + 30GB kuota belajar  (Total 35GB)
  • Guru : 5GB kuota internet all access + 37GB kuota belajar (Total 42GB)
  • Mahasiswa/Dosen : 5GB kuota internet all access + 45GB kuota belajar (Total 50GB)

Kesempatan masih terbuka untuk dapatkan hal tersebut di atas. Jika kalian termasuk Pelajar, mahasiswa, guru atau dosen dapat mendaftarkan nomornya ke Lembaga pendidikannya masing-masing untuk mendapatkan bantuan kuota internet periode bulan Oktober. Kamu, apakah udah dapat belum ?

 

 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.