Mimpi Menduniakan Madura Yang Tertunda Akhirnya Terwujud

Banyak cara untuk menduniakan Madura, salah satunya adalah dengan promosi keindahan alam yang di miliki oleh Madura salah satunya lewat social media dan Blog. Nah kali ini Blogger Madura akan mewujudkan mimpi itu dengan menggandeng salah satu Kantor Pemerintahan  yaitu BPWS (Badan Pengelola Wilayah suramadu) yang siap membantu mensukseskan acara ini. Acara ini di beri judul menapaki jejak BPWS  dan Menduniakan Madura. Dan di ikuti oleh 50 blogger pilihan yang ada di Indonesia, seperti Jakarta, Kalimantan, Sumatra , Jogjakarta dan beberapa blogger jawa lainnya. Acara ini adalah mimpi lama yang dulu pernah d-iimimpikan oleh Blogger Madura akhirnya terwujud.


Acara ini diadakan pada tanggal 22-25 November 2016 selama 4 hari 3 malam dengan start di kantor BPWS untuk selanjutnya di lepas menuju Pulau Madura dengan menggunakan armada bus dan 3 mobil panitia dan saya sebagai panitia berada di mobil 2. Panitia juga merangkul pihak kepolisian untuk mensukseskan acara ini dengan merangkul 4 Polres yang ada di Madura dengan  pengawalan secara estafet.


Blogger Indonesia diajak mengelilingi Madura dari  mulai jalur utara hingga  pulang melewati jalur selatan. Blogger pertama kali akan di ajak mengunjungi kawasan Kaki Jembatan Sisi Suramadu  (KKJSM) dan kawasan khusus Madura yang sebagian sudah di selesaikan pengerjaannya dan sebagian juga ada dalam proses pengerjaan oleh kantor BPWS.


Dari kawasan KKJSM para blogger melanjutkan perjalanan menuju pantai nepa, di tempat ini adalah tempat dimana banyak para monyet di kawasan hutan kera nepa. pantai ini sungguh sangat bagus pasirnya yang coklat membuat betah berlama lama di pantai ini.



Puas bermain di pantai dan melihat hutan kera di nepa teman teman langsung bergegas untuk mandi dan berkemas kemas pakaian dan melanjutkan perjalanan ke air terjun Toroan, untuk melihat keindahan air terjun yang langsung turun ke lautan.




Setelah itu blogger juga diajak menuju ke kawasan pelelangan ikan Pasongsongan di sumenep untuk melihat kegiatan ekonomi disana, di tempat ini banyak orang berjualan ikan karena  tempat ini adalah pelabuhan untuk pelelangan ikan terbesar di madura yang masih di kelola oleh Pemprov Jatim . 




Setelah selesai dari kawasan pelelangan ikan pasongsongan, rombongan blogger langsung di arak menuju pelabuhan dungkek dan menyebrang ke  Pulau Giliyang dimana pulau ini terkenal dengan Pulau yang kadar oksigen-nya tinggi dan cocok untuk dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata kesehatan. Dan tidak heran juga banyak penduduk di sekitar Pulau Giliyang memiliki umur panjang rata rata 100 tahun lebih, mungkin karena kandungan oksigen di Pulau Giliyang ini tinggi.



Setelah sampai di pulau Giliyang para rombongan blogger langsung diajak menuju ke Home Stay yang ada di pulau Giliyang dan tempat ini dibangun juga oleh BPWS  bersama Puslitbang Permukiman Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, untuk bermalam di pulau ini sambil menikmati udara segar pulau  giliyang yang penuh dengan kadar oksigennya yang tinggi dan terbaik di dunia setelah yordania.


Di Pulau Giliyang ini terdapat tempat yang keren yaitu Betoh Cangge, Pantai Ropet dan Gua Maha Karya yang memiliki keindahan yang cukup memanjakan mata para pengunjungnya. Apalagi bagi mereka yang suka dengan hal photografi jadi jika kepulau ini tidak selfie rasanya juga kurang puas.




Pagi sudah berlalu para peserta blogger menikmati indahnya pantai ropet sambil sarapan pagi di pinggiran pantai dan mengobrol dengan peserta dan warga sekitar pantai ropet, rasanya sehari di tempat ini masih kurang karena saking indahnya tempat ini. Dan masih banyak tempat yang belum ditelusuri namun apa daya waktu terus berjalan dan kita harus lanjut ketempat selanjutnya.



Tempat selanjutnya adalah desa batik yang ada di desa klampar pamekasan, jalanan dan penerangan di tempat ini juga di bangun oleh BPWS , para blogger menikmati proses pembatikan dan penjualan produk batik yang ada di desa klampar ini. Tidak lupa juga para blogger makan siang  bersama. Setelah selesai dari desa klampar para blogger langsung lanjut ke kecamatan kawanyar yang berada di Kabupaten Bangkalan sambil bermalam di desa ketetang.


Pagi harinya para blogger lanjut ke pusat oleh oleh di Tresna Art dimana para blogger langsung di suguhi minuman khas Madura yaitu pokak dan jajanan khas Madura. Banyak blogger yang membeli buah tangan untuk para sanak  saudaranya. Setelah puas di Tresna Art peserta langsung mennuju titik akhir acara yaitu Ole Olang Resto diman tempat ini adalah saksi penutupan acara dengan memberikan hadiah dari Panita Plat-M kepada peserta  blogger yang lagi beruntung.


Comments
22 Comments

22 komentar

  1. Akhirnya bisa terwujud y mas menduniakan madura.. smoga tahun berikutnya kembali dadakan y mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah, mumpung ada sponsor. Ya kali aja tahun depan ada sponsor lagi untuk menduniakanmadura jilid 2

      Hapus
  2. 4 hari. 3 Malam. Mendadak Cinta Madura!

    BalasHapus
  3. Selamat dan sukses, mimpinya udah mulai terlaksana :) asyik banget acaranya, semangat NgeBlog ya kawan :)

    BalasHapus
  4. Perlu dijadikan alasan, bahwa Pemuda Madura peduli. Ayo ajak semua element masyarakat untuk sadar akan potensi alamnya. Misal tentang menjaga kebersihan di lokasi wisata. Sukses terus ya blogger Plat M. Salam dari Ponorogo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener kang, masyarakat di madura sudah mulai paham akan kebersihan lingkungan apalagi di tempat wisata

      Hapus
  5. Thankyou so much Plat M dan BPWS. Bangga bisa menjadi bagian dari kalian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu acara kita selanjutnya 😃

      Hapus
  6. Itu Fotoku banyak di Pakek yg Pantai Nepa, tapi gak ada namaku sedih deh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang mana, aku tinggal ambil di Google Drive aja

      Hapus
  7. Tiba-tiba merindu sama kalian semuaaaa :(. 4 hari 3 malam yang asik, capek, tapi seru! Pingin lagi ngumpul bareng temen2 plat M :D. Kapan-kaoan bisa nih bikin reuniannya, mas Echo ;).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh boleh, ayolah kapan di ajak ke Medan 😉

      Hapus
  8. Semoga saja tahun depan masih ada #MenduniakanMaduraPart2 hehehe...

    #PanitiaKurangPiknik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Carilah sponsor sejak dini agar menduniakan part 2 bisa terlaksana

      Hapus
  9. Aku ikut lagi pokoknya kalau ada MenduniakanMadura part II hahaha.. Eh, kalaupun bayar juga ayuk! hahaha.

    BalasHapus
  10. Ihh mas Eko, sekalinya foto aku nampang di blog dikau, fotoku jelek -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. adanya yang itu e, ya maap lah, . . .

      Hapus
  11. Madura ternyata cakep juga wisatanya. Saya jadi pengen ke sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. marilah sini jalan jalan ke madura. saya siap jadi Guide nya

      Hapus