Mengapa Harus DCIM Nama Foldernya ??

Mungkin banyak orang termasuk anda pasti bertanya tanya dalam hati "oia ya kenapa kok harus DCIM nama foldernya" kenapa bukan galeri atau sejenisnya yang bisa di pahami oleh masyarakat. Ternyata nama folder DCIM adalah tempat tersimpannya foto dan video di dalam smartphone mempunyai makna yang tersembunyi. DCIM itu sendiri merupakan standarisasi dari Design rule for Camera File system (DCF) yang mempunyai kepanjangan Digital Camera IMage.



Pada tahun 2003, seluruh peralatan digital di dunia yang mempunyai kelebihan mengambil gambar dan video harus menggunakan DCIM. Sehingga baik smartphone maupun camera digital mempunyai direktori yang sama, DCIM. Penyeragaman seperti itu bukan tanpa sebab, melainkan bertujuan untuk memudahkan proses penyimpanan gambar jika perangkat yang di gunakan itu berbeda.

jika seseorang sedang membidik foto melalui smartphonenya tiba-tiba kehabisan batre dan ingin memindahkan memory card ke camera DSLR maka camera DSLR tidak akan pusing saat mencari penyimpanan folder foto terbaru. Sudah pasti masuknya ke folder DCIM untuk menyimpan gambar dan video yang di bidiknya.

Begitu pula dengan smartphone yang kalian punya, saat memory card berpindah ke ponsel lain maka secara otomatis gambar dan video yang di ambil dari camera tersebut tersimpan di folder yang sama, DCIM. Tanpa DCIM maka akan berantakan pengaturannya pada folder dalam perangkat kalian.

Demikian penjelasan saya tentang apa itu folder DCIM dan kenapa setiap perangkat yang dapat mengambil foto dan video seperti smartphone maupun camera digital di dalamnya ada folder DCIM. Silahkan komentar dan share tulisan ini jika kalian rasa bermanfaat dari postingan ini.

Comments
10 Comments

10 komentar

  1. semisal di kartu memori sudah ada direktori DCIM, tapi isinya bukan file-file foto, apakah smartphone tetap akan menyimpan foto ke direktori tsb atau malah membuat direktori DCIM baru?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya sih tetap masuk di direktory folder DCIM, dan tidak akan membuat folder DCIM baru lagi

      Hapus
  2. ooow ternyata standar nya ada yg ngatur juga toh, kirain bebas2 aja, suka2 yg buat kamera digital

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndak juga lah. pengaturan seperti ini sudah di pikirkan sebelumnya oleh pabrik agar mempermudah dalam pencarian foto dan video

      Hapus
  3. akhirnya pertanyaan bertahun-tahun terjawab sudah, aku sih ga ada usaha nyari jawabannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, senang sekali di saat bisa memberikan informasi atau pengatahun ini kepada pembaca, terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog pribadi saya. dan Terimakasih

      Hapus
  4. Huahahahahahah.. dan aku pun baru tahu kepanjangan DCIM itu apa, makasih sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama, senang sekali di saat tulisan saya ini bermanfat kepada pengunjung setia blog ini. dan saya ucapkan terimakasih banyak sudah berkomentar

      Hapus
  5. Tambah ilmu. Saya juga baru ngeh setelah baca postingan ini. Nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama, senang rasanya di saat tulisan saya ini bermanfaat bagi pembaca setia di blog sederhana ini

      Hapus