Tajin Sobih, Kuliner Khas Bangkalan yang Melegenda

Mentari pagi sudah sedikit menyengat tubuh dan perut sudah keroncongan dikarenakan belum sarapan pagi, tak sengaja ada seorang penjual tajin sobih yang melintas depan rumah, sepertinya makanan ini cocok untuk menu sarapan pagiku  yang tertunda.


Makanan tradisional ini adalah makanan khas Kota Bangkalan Madura yang berasal dari Desa Sobih Kelurahan Tonjung Kecamatan Burneh, bubur ini sangatlah gurih serta manis, Rasa manis pada bubur ini didapat dari gula merah atau orang Madura menyebutnya dengan "Guleh Gentong". Sebenarnya bubur ini sama dengan bubur pada umumnya hanya saja ada satu ciri dari bubur ini yaitu campuran dari bubur ini.

Sebenarnya bubur ini kurang lebih sama dengan bubur pada umumnya, akan tetapi ada satu ciri bubur ini adalah salah satu campuran yang ada dibubur ini. selain bubur terkadang pembeli menambahkan "Lopes" atau Lupis ketan yang terbuat dari ketan putih dan diolah dan dipadukan dengan bahan lainnya, sampai olahan ini dimasukkan ke dalam daun pisang dan dibentuk menyerupai segitiga lalu dikukus dan direbus sampai matang.



Warnanya cokelat panjang agak lonjong dan ukurannya hampir sama, menurut salah satu pembuat Tajin Sobih yang bernama Mba Kati, bahan untuk membuat ini adalah tepung ketan dan gula merah.

Proses pembuatan Tajin Sobih lumayan sangat rumit, memerlukan keahlian khuhsus karena apabila ukuran serta campuran bahan salah, membuat tingkat kematangannya tidak merata, karena keunikan ini menjadi parameter dari rasa tajin sobih.
Comments
4 Comments

4 komentar

  1. Sayangnya saya tidak suka bubur, apalagi yang manis. Saya sukanya korket. Hahaha

    BalasHapus
  2. Oh namanya tajin sobih mass. Di Surabaya kayaknya ada yg mirip seperti tajin sobih tapi namanya bubur-lupis (lopes). Itu uwenakk bangett dan sepertinya perlu dilestarikan :\

    BalasHapus