Cara Memperbaiki Tinta IP 2770 Yang Masuk Angin / Macet

Masalah yang paling sering terjadi pada printer tinta dengan selang infus adalah adanya ruang udara pada selang, yang menyebabkan tidak mengalirnya tinta dari tabung infus ke cartridge, yang umumnya orang menyebutnya "Masuk Angin" atau apalah 

  1. Belum mengetahui cara kerja, penggunaan, serta perawatan printer infus
  2. Jarang menggunakan printer, printer tidak bekerja hingga berhari - hari
  3. Tidak melakukan perawatan secara berkala
  4. Melakukan penanganan kerusakan secara ngasal :p ( sebelumnya saya juga pernah mengalami peristiwa konyol mengenai poin yang ini)
Perlu anda ketahui printer infus yang ada rongga udara disebabkan berbagai macam diantaranya :
- Selang infus bocor, bisa karena luka terjepit, tidak sengaja teriris cutter saat pemasangan, dll
- L-knee bocor
- Karet neple sobek
- Lubang infus pada cartridge terlalu besar
- Cartridge pecah / sambungan penutup pada cartridge tidak menempel 

Setelah mengetahui penyebabnya anda bisa cek satu persatu. sekarang waktunya untuk mengatasi masalah ini berikut tips sederhana yang bisa anda lakukan dirumah.

Cara Pertama 
Cara ini sangatlah mudah dan tidak akan beresiko kerusakan pada printer anda. yaitu menggunakan aplikasi cleaning bawaan driver printer. Deep Cleaning pada printer Canon dan Cleaning Head pada Epson, berikut langkah - langkahnya :
  1. Tempatkan printer yang infusnya masuk angin tersebut pada posisi normal. diusahakan sejajar seperti setingan semula.
  2. Nyalakan printer dan hubungkan dengan komputer anda , klik kanan pada printer dan pilih printing preferences - maintenance - deep cleaning.
    Deep Cleaning Printer
  3. Jalankan proses deep cleaning tersebut, setelah selesai cek selang infus apakan udaranya sudah berkurang atau tidak. jika belum atau masih ada udara pada selang infus lakukan deep cleaning tersebut lagi, lakukan proses deep cleaning ini berkali kali sampai printer berjalan normal, dan selang tinta infus tidak terlihat udara.
Proses deep cleaning ini secara otomatis menyedot tinta dan udara dalam catride dan secara tidak langsung akan menyedot tinta dan udara keluar dari selang infus printer.

Cara Kedua
Alat dan Bahan yang diperlukan :
- Tinta
- Suntikan 2 buah 
- Tissue
  1. Lepas ujung selang yang menancap di catridge (selang yang masuk angin) dan buka karet penutup udara pada botol infus tinta.
    ctridge
  2. Buka penutup karet pada tabung infus dan masukkan suntikan yang telah dilepas jarumya kedalan lubang tabung yang masuk angin.
  3. Pompa suntikan untuk menekan udara dan tinta masuk ke selang infus.
    selang infus
  4. Setelah selang terisi tinta secara keseluruhan, segera pasang kembali ujung selang ke catridge.
  5. Lepas suntikan dan segera pasang penutup karet agar udara tidak masuk kembali ke tabung infus (jika ada tinta yg tercecer bersihkan dengan tissue)
Setelah selesai tahap terakhir lakukan deep cleaning 1-2 kali. maka Catridge telah bisa bekerja secara normal kembali, namun bila cara tersebut belum juga bekerja, ulangi langkah-langkah tersebut diatas sekali lagi. Selamat mencoba, dan semoga berhasil

Tidak ada komentar