Sebuah tips lama mengenai software yang dapat dipergunakan agar komputer bisa memainkan semua jenis file audio dan video. Ada berbagai macam format audio dan video seperti 3gp,amr, avi, wma dan sebagainya. Salah satu yang terbaru adalah mkv dimana biasanya ukurannya kecil namun kualitas gambarnya kinclong. Sebenarnya mkv bukanlah codec melainkan gabungan dari beberapa file yaitu video, audio dan subtitle. Jadi mkv bisa langsung ada subtitlenya. Berbeda  dengan format vcd yang bersubtitle, di mkv subtitle bisa dihilangkan atau bisa lebih dari satu bahasa. Lebih tepatnya seperti di dvd.
Untuk memainkannya dapat mempergunakan berbagai macam software, berikut ini dua software yang dapat dipergunakan:
VLC Media Player
vlc player
VLC merupakan salah satu player yang mendukung penuh berbagai menu di mkv. Selain itu tidak berdasarkan DirectShow sehingga bisa memainkan mkv tanpa perlu menginstall beragam codec. Versi terbaru adalah VLC 1.0.1. Untuk download bisa melalui:
Software ini sempat menuai kontraversi karena dapat digunakan untuk merekam DVD yang terproteksi. Walau caranya tidak secara rip (kopi langsung) melainkan diplay kemudian direkam dengan menekan tombol record.

Tidak ada komentar